Gara-Gara Google, Wilayah India ‘Dicaplok’ China


New Delhi – Google tengah jadi sasaran kritik pedas di India. Pasalnya, layanan peta online Google Earth salah memasukkan wilayah yang seharusnya berada di bawah kedaulatan India menjadi milik China.

Ya, sebagian wilayah bernama Arunachal Pradesh yang adalah milik India dimasukkan menjadi wilayah China. Mendapat beragam protes, Google pun mengakui kesalahannya dan menyatakan bakal segera memperbaikinya.

“Sebagai bagian update rutin Google Earth, kami mempublikasikan data baru untuk region Arunachal Pradesh yang mengubah nama beberapa tempat tertentu. Perubahaan itu merupakan kesalahan dalam pemrosesan data baru di peta,” jelas juru bicara Google.

Bahkan, dikutip detikINET dari SiliconIndia, Selasa (11/8/2009), sempat ada kecurigaan kalau perubahan itu merupakan ulah para cracker China yang mengobrak-abrik Google Earth. Sebab wilayah bersangkutan dikatakan sering jadi sengketa di mana China ingin mengontrolnya secara penuh.

Hal ini bukan pertamakalinya terjadi. Sebelumnya, Google Earth juga dianggap tak becus memetakan Korea Selatan di mana sebagian wilayah di sana dimasukkan menjadi wilayah Korea Utara.

Sumber : http://www.detikinet.com

About oerlee syafroe

aQ suka Maen Komputer, edit Foto, Maen Game,buat rancangan rumah dari AutoCAD, jalan2, makan, Smsan, facebookan Lihat semua pos milik oerlee syafroe

3 responses to “Gara-Gara Google, Wilayah India ‘Dicaplok’ China

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: