Banyak Masjid di Solo yang Salah Kiblat


Banyak Masjid di Solo yang Salah Kiblat

Masjid Agung Solo

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Solo mengakui masjid yang arah kiblatnya belum benar di wilayah Solo jumlahnya cukup banyak. Belum tepatnya arah kiblat ini diketahui pasca selesai proses pembangunan. Nah, untuk meluruskan arah tersebut, shof sebagian besar masjid itu terpaksa arahnya dimiringkan.

“Bangunan masjid biasanya berdiri diatas tanah wakaf. Oleh sebab itu, pembangunan masjid itu memanfaatkan semua permukaan tanah wakaf yang ada. Kadangkala tanah tersebut memiliki kemiringan yang tidak sesuai dengan arah kiblat,” kata Ketua MUI Solo Zainal Arifin Adnan kepada VIVAnews di Solo, Jumat 29 Januari 2010.

Dengan demikian penghitungan tepat atau tidak arah kiblat, menurut Zainal dilakukan setelah bangunan masjid itu selesai berdiri. “Di Solo masih banyak masjid yang arah kiblatnya belum tepat. Hanya saja berapa jumlah pastinya saya lupa, namun jumlahnya cukup banyak. Salah satunya Masjid Taqwa,” akunya.

Untuk meluruskan arah kiblat tersebut, berdasarkan hasil ijtihad maka masjid yang arah kiblatnya belum tepat barisan shofnya di buat miring supaya tepat menghadap kiblat. Pasalnya, untuk membongkar bangunan masjid kembali tidak mungkin dilakukan. Dan keputusan itu tidak dipermasalahkan oleh MUI.

Selanjutnya, dia mengatakan beberapa masjid yang menjadi cagar budaya diantaranya Masjid Agung Keraton Solo, Masjid Al Wustho Mangkunegaran dan Masjid Laweyan, sudah memiliki arah kiblat yang tepat. Sehingga, shof ketiga masjid tersebut tidak perlu dimiringkan.

• VIVAnews

About oerlee syafroe

aQ suka Maen Komputer, edit Foto, Maen Game,buat rancangan rumah dari AutoCAD, jalan2, makan, Smsan, facebookan Lihat semua pos milik oerlee syafroe

2 responses to “Banyak Masjid di Solo yang Salah Kiblat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: