Nokia E65


Artikel Pendidikan, Thursday, April 9, 2009

Seri E65 ini dibekali fitur komplet ponsel-ponsel enterprise seperti Wi Fi, dan aplikasi kantoran antara lain : word, excel, dan power point. Selain buat memperlancar pekerjaan kantor, ponsel ini sudah dibekali kamera berkekuatan 2 MP. Sayang tidak disertai kamera kedua untuk menjalankan aplikasi video call. Bisa saja video call dijalankan, namun lawan bicara tidak bisa melihat wajah kita pada layar ponselnya.

DESAIN
Desainnya mengadopsi model sliding alias geser. Seri dari keluarga enterprise alias E series ini sarat akan fitur kantoran. Pabrikannya juga memperhatikan desain dan bahan baku untuk seri E65 ini. Khusus di bagian belakang alias back cover, Nokia melapisinya dengan bahan mirip seperti bahan kulit namun elastis. Permukaan kasar sengaja dipasang supaya tidak licin.

LAYAR
Nokia E65 sudah dibekali dengan layar berkualitas kelas atas. Bekal kedalaman warna hingga 16 juta dengan resolusi sebesar 240 x 320 pixels tampilannya sangat tajam dan jernih. Pada tampilan layarnya pun sudah dibekali pengaturan untuk menampilkan pesan yang masuk berikut identitas pengirim alias nomor. Setidaknya bila sedang sibuk, kita bisa mengabaikan pesan yang masuk yang dianggap kurang begitu penting.

KEYPAD & TOMBOL
Satu hal yang istimewa pada seri ini adalah ditambahkannya keypad atau tombol khusus untuk conference call. Ada lagi tombol anyar lainnya yakni own key. Tombol ini fungsinya adalah untuk masuk ke salah satu menu aplikasi secara cepat. Dengan catatan terlebih dahulu di setting pada menu pengaturan. Saat ponsel belum digeser, di bagian muka terdapat tujuh tombol dengan beberapa fungsi. Salah satunya tombol untuk conference call. Nah, saat ponsel digeser yang nampak adalah jajaran tombol utama yang biasa ada pada ponsel-ponsel pada umumnya yakni tombol numerik dan alphabet.

USER INTERFACE
Tampilan antar muka seri ini menggunakan UI series 60. Kelompok series 60 ini sangat familiar buat ponsel-ponsel nokia kebanyakan. Jadi buat Anda yang biasa menggunakan ponsel-ponsel nokia, apalagi yang masuk kelompok series 60, tidak akan kesulitan mengoperasikan semua fitur-fitur di seri ini. Keluar masuk menu dari satu menu ke menu yang lain terasa sangat mudah dan lebih akrab. Perpindahan antar menu berjalan sangat lancar dan membutuhkan waktu dalam hitungan detik, kurang dari 2 detik. Kecepatan perpindahan antar menu ini nantinya akan dipengaruhi oleh sedikit dan banyaknya aplikasi-aplikasi tambahan yang ada di ponsel.

KAMERA
Nokia E65 juga dibekali fitur multimedia dan imaging yang memadai. Fasilitas kamera berkualitas 2 megapixel bisa membantu kita untuk mengabadikan momen-momen penting. Pabrikannya juga menyediakan fitur video player dengan format 3GPP. Dengan aplikasi ini kita bisa merekam gambar bergerak. Walaupun kualitas video recordenya masih jauh jika dibandingkan dengan handycam. Namun untuk sekedar bersenang-senang, video playernya bisa kita eksplorasi.

INTERNET
Fasilitas untuk berselancar ke dunia maya alias internet cukup lengkap. Ada GPRS, EDGE, 3G, dan juga Wi-Fi Kita bisa memilih salah satu yang akan kita gunakan. Setidaknya bila ada fasilitas hotspot misalkan saja di hotspot gratis tak ada salahnya kita manfaatkan fasilitas tersebut. Kita bisa dengan mudah keluar masuk situs yang diinginkan. Nah, kalaupun tidak ada fasilitas tersebut, asalkan ada sinyal maka kita bisa memanfaatkan GPRS dan EDGE yang disediakan oleh operator. Beruntung bila posisi kita berada dalam cakupan layanan 3G. Kecepatan akan lebih bila menggunakan frekuensi 3G. Toh masalah pentarifan, hingga kini beberapa operator masih memberikan tarif setara dengan GPRS.

HIBURAN
Untuk menghilangkan kepenatan, kita bisa memutar musik dan video. Fasilitas MP3 player dan realplayer (MP4) akan menghantarkan kita untuk menikmati lagu-lagu kesayangan atau pun sekedar melihat video yang tersimpan di ponsel. Format file video yang bisa diputar lewat ponsel ini antara lain 3GPP dan Real Media. Sayang fasilitas radio FM belum ada dalam peranti ini.

TRANSFER DATA
Perangkat untuk memindahkan data ke peranti lain cukup lengkap. Bluetooth versi 1.2 bisa kita gunakan untuk melakukan perpindahan data nirkabel dengan jarak sekitar 100 meter. Kalau pun peranti yang dituju untuk memindahkan data tersebut tidak berbekal bluetooth, kita bisa memaksimalkan fungsi infrared dan kabel data. Untuk jenis kabel data dan koneksi yang digunakan adalah model pop port connector.

MEMORI
Kapasitas memori internalnya sudah dibekali sebesar 50 Mb. Kalau pun masih terasa kurang khususnya untuk menyimpan data-data penting misalkan foto serta video hasil bidikan kamera digitalnya, kita bisa memaksimalkan slot memori eksternal yang tersedia untuk menyelipkan jenis memori tambahan Micro SD. Dalam paket penjualannya biasanya pabrikan ponsel ini telah menyertakan memori eksternal jenis ini hingga 128 Mb.

MESSAGING
Selain SMS, ponsel ini juga telah dibekali kemampuan untuk mengirim pesan multimedia lewat fitur MMS-nya. Pun fitur untuk berkirim email juga telah disediakan. Fitur pengiriman email ini bisa juga diboncengi attachmments yang berisi data-data penting misal foto atau video. Fasilitas email di seri E65 ini mensuport POP/IMAP. SMTP, IMAP4, Nokia intellisync Wireless email 8.0, mail for exchange1.5, visto mobile v 5.5, RIM blackberry connect V 2.1, dan good mobile messaging.

BATERAI
Untuk urusan baterai, seri ini ditenagai oleh baterai berkekuatan 1000 mAh. Dengan tenaga sebesar itu, nokia E65 bisa digunakan untuk bicara non stop hingga 6 jam dan waktu siaga 11 hari. Daya tahan baterai ini akan berbeda jika kita menggunakan jaringan WCDMA yang membutuhkan tenaga baterai cukup besar ketimbang jalur GSM.

KINERJA
Secara umum tampilan dan fitur seri E65 ini cukup baik. Saat melakukan panggilan dan menerima panggilan, suara yang terdengar dan keluar cukup baik. Juga saat berselancar ke dunia maya menggunakan GPRS, EDGE, 3G, dan juga Wi Fi berjalan lancar. Sayang untuk komunikasi video call, seri ini hanya mampu menerima gambar lawan bicara. Pasalnya E65 tidak dilengkapi dengan kamera kedua untuk video call.

About oerlee syafroe

aQ suka Maen Komputer, edit Foto, Maen Game,buat rancangan rumah dari AutoCAD, jalan2, makan, Smsan, facebookan Lihat semua pos milik oerlee syafroe

2 responses to “Nokia E65

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: