Ekonomi Domestik Terguncang


INILAH.COM, Jakarta – Gempa tektonik 7,6 skala richter yang mengguncang ranah minang, Rabu (30/9) sore telah meluluh-lantakkan sendi-sendi ekonomi. Pabrik berhenti produksi, gudang-gudang logistik rusak parah, gardu listrik rusak, dan masih banyak kerusakan lain.

Lihat saja, PT Semen Padang di Indarung, Sumatera Barat yang sejak kemarin terpaksa berhenti produksi karena seluruh mesin tak bisa dioperasikan karena posisinya bergeser. Kondisi kantor juga berantakan dan seluruh plafon berjatuhan, termasuk kaca-kaca pecah.

Bahkan sambungan bangunan gedung bergeser. Hingga saat ini jumlah kerusakan belum bisa dihitung, masih diinvetaris. “Yang jelas, rata-rata mesin tak bisa dioperasikan,” ujar salah seorang karyawan Semen Padang.

PT Semen Padang hanya salah satu kasus kerusakan akibat gempa. Kerusakan yang lain adalah empat dari lima gudang beras milik Badan Urusan Logistik (Bulog) di Sumatera Barat rusak parah.

Namun beras yang terdapat di dalamnya berhasil diselamatkan. “Kalau seluruh korban bencana di Sumbar butuh bantuan ekstra satu bulan cukup stoknya,” ujarnya Direktur Utama Bulog Mustofa Abubakar.

Selain itu, hampir 90% gedung bertingkat di Kota Padang rusak berat. Terutama rumah toko dan hotel. Hotel Ambancang dan Hotel Bumi Minang roboh. Hotel Nuansa di pinggir Kota Padang rata dengan tanah.

Begitu juga dengan Bank Indonesia (BI). Akibat gempa di Sumatera Barat mengakibatkan kantor BI Padang tidak dapat beroperasi karena mengalami kerusakan cukup besar sehingga mempengaruhi operasional perbankan wilayah Padang.

“Kantor Bank Indonesia Padang mengalami kerusakan cukup besar baik dari sisi struktur bangunan maupun sarana operasional,” demikian bunyi siaran pers tersebut. Saat ini sedang dilakukan tindakan yang diperlukan agar BI Padang dapat kembali beroperasi normal sesegera mungkin.

Dari data BI, perbankan di Sumatera Barat per Juli 2009 berjumlah 180 kantor bank umum dan 227 kantor Bank Perkreditan Rakyat dimungkinkan akan mengalami gangguan. Saat ini BI sedang melakukan koordinasi dengan perbankan di Padang untuk pelayanan perbankan.

Sementara di sektor kelistrikan, sedikitnya lima Gardu Induk (GI) dari 11 GI PT PLN untuk sistem kelistrikan Sumatera Barat pun tak lepas dari bencana. Dirut PLN Fahmi Mochtar kepada INILAH.COM, menjelaskan dari 11 gardu induk PLN untuk sistem kelistrikan Sumbar, ada 5 GI dengan kapasitas 150 kv yang belum bisa dioperasikan.

“Ada lima GI yang alami kerusakan pada sistem instalasi di antaranya GI Pauh Limo (kerusakan pada Trafo), GI Lubuk Alung (kerusakan CVT dan Wave trap), GI Maninjau (kerusakan CT dan Wave trap), selain itu ke 5 GI tersebut juga mengalami kerusakan gedung dan saranan lainnya,” jelasnya.

Fahmi menambahkan, diusahakan secara bertahap mulai pagi ini semua pelayanan bisa normal kembali. Untuk kondisi Kantor UPT Padang dan UPB Sumbangteng juga alami kerusakan parah sehingga tidak bisa digunakan. “Beruntung, hingga saat ini belum ada laporan kecelakaan terhadap pegawai, pembangkit PLTA Maninjau, PLTA Singkarak, dan PLTU Ombilin dapat beroperasi,” tandasnya.

Sementara terkait berapa kerugian PLN sebagai akibat dari Gempa Fahmi enggan memberikan rinciannya. Menurutnya, semuanya masih dipelajari, terlalu dini untuk memberikan gambaran kerugian.

Sementara itu, PT Bank Mandiri mulai Jumat (2/10) siang baru mengoperasikan kembali 9 kantor cabangnya di Sumatera Barat dari total 24 kantor cabang. Sementara dari 36 ATM sekitar 8 ATM sudah bisa beroperasi sisanya masih belum normal.

“Dari 24 kantor cabang bank Mandiri sudah 9 kantor cabang yang siang ini beroperasi, dari 36 ATM sudah 8 ATM yang beroperasi kembali,” jelasnya. Adapun kendala belum beroperasinya beberapa kantor cabang Mandiri, serta sejumlah ATM adalah karena kendala listrik yang belum sepenuhnya normal. [mdr]

About oerlee syafroe

aQ suka Maen Komputer, edit Foto, Maen Game,buat rancangan rumah dari AutoCAD, jalan2, makan, Smsan, facebookan Lihat semua pos milik oerlee syafroe

One response to “Ekonomi Domestik Terguncang

  • richocean

    semoga infrastruktur dan orang2 terkait diberi kemudahan utk segra beroperasi kembali seadanya ….

    silahkan ke blog saya richocean ttg “2009 3009 ANGKA Gempa PADANG PARIAMAN. 2009 1010 ANGKA Gempa Tsunami ACEH?” dan “2009 0110 Pagi ini Gempa Bengkulu dan Jambi Menyusul Gempa Padang” dan “Selama 17 jam, 3x Gempa PADANG Sumatra Barat”

    atau blog saya lainnya
    http://richmountain.wordpress.com

    salam …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: