1.100 Rumah di Kerinci Rusak Akibat Gempa


Kamis, 1 Oktober 2009 | 17:32 WIB

JAMBI, KOMPAS.com – Hingga pukul 16:45 WIB, data korban dan kerusakan akibat gempa 7.0 SR di 46 km Tenggara Sungai Penuh, Jambi semakin bertambah.

Kepala Bagian (Kabag) Humas Kabupaten Kerinci, Amir Syam di Jambi, Kamis mengatakan, sebanyak 1.100 rumah mengalami kerusakan yang tersebar di 16 desa di Kecamatan Gunung Raya yang merupakan daerah terparah akibat gempa.

Rincian kerusakan, 600 rumah mengalami rusak berat sedangkan 500 rumah rusak ringan. Sarana ibadah lainnya juga masih mengalami kerusakan, di antaranya 16 masjid, 15 gedung SD, 3 gedung SMP dan 2 gedung SMA. Umumnya rumah beton yang berada di wilayah tersebut ambruk beserta atapnya. Sedangkan yang mengalami kerusakan ringan berupa keretakan pada dinding-dinding rumah.

Desa yang mengalami kerusakan parah antara lain, Desa Lempur Tengah, Lempur Mudik, Lolo Gedang, Lolo Kecik, Tanjung Syam, Selampaung, Talang Kemuning, Sungai Hangat.

Tak hanya kerusakan parah yang terjadi, satu orang dilaporkan meninggal akibat serangan jantung. Sedangkan korban luka berat berjumlah 25 orang, luka ringan 6 orang dan 7 orang mengalami patah tulang.

Korban luka akibat gempa ini dirawat di tenda-tenda darurat yang berada di sekitar pemukiman warga. Sedangkan yang mengalami luka parah harus dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kerinci.

Di RSUD Kerinci pun banyak pasien dirawat di tenda yang berada di luar gedung rumah sakit, lantaran takut berada di dalam ruangan.

Sejumlah masyarakat di Kecamatan Gunung Raya dan juga kecamatan lainnya juga memilih tinggal di tenda-tenda pengungsian.

Sebagian warga juga ada yang membuat sendiri tenda darurat di tepi-tepi jalan sekitar rumah mereka. Tak sedikit juga yang mengungsi di lapangan Gunung Raya untuk menyelamatkan diri bersama anggota keluarga masing-masing.

About oerlee syafroe

aQ suka Maen Komputer, edit Foto, Maen Game,buat rancangan rumah dari AutoCAD, jalan2, makan, Smsan, facebookan Lihat semua pos milik oerlee syafroe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: