Cari Teman Anda di Facebook


BILA berkenalan dengan seseorang kita pasti ditanya nomor hpnya berapa, alamatnya di mana, selain bertanya nama tentunya! Setelah agak akrab, mulai deh pamer ‘punya Friendster gak, kalo kamu ingin tahu Friendsterku, nih alamatnya’.

Untuk pertanyaan yang terakhir, mungkin dulu bisa dibuat untuk membanggakan diri. Tapi itu dulu…. Untuk saat ini yang lagi booming dan menggeser ketenaran Friendster adalah Facebook. Facebook akhir-akhir ini mendominasi obrolan komunitas pengguna Internet di Indonesia. Sebenarnya bukan hanya obrolan, tetapi juga kalau Anda ke mal atau tempat umum yang memiliki koneksi wifi/hot spot, perhatikan apa yang dibuka oleh para netter tersebut… yup kebanyakan dari mereka lagi asyik membuka Facebook. Facebook adalah situs jejaring yang didirikan Mark Zuckerberg, alumnus Harvard dan mantan murid Ardsley High School.

Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah, tempat kerja, atau wilayah geografis. Situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar dengan lebih dari 38 juta anggota aktif dari seluruh dunia. Peringkatnya naik dari posisi ke 60 ke posisi ke 7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serikat (AS), mengungguli situs publik lain seperti Flickr dan Friendster.

So, apa Facebook itu? Adalah situs jejaring sosial di mana orang yang minim pengetahuan teknologinya pun bisa bergabung dengan mudah. Facebook merupakan salah satu layanan jaringan sosial internet yang gratis di mana kita dapat membentuk jaringan dengan mengundang teman. Dan dari jaringan tersebut, kita dapat memerhatikan aktivitas mereka, mengikuti permainan/join game yang direkomendasikan, menambah teman atau jaringan berdasar organisasi sekolah, daerah domisili, dan seterusnya. Bisa dibilang fasilitas untuk berteman dan membina kehidupan sosial benar-benar lengkap. Dengan segudang kelebihannya, para netter banyak yang mulai beralih ke Facebook. Berikut 15 keunggulan Facebook:

1. Clean Layout Layout yang sangat baik walaupun ada beberapa menu yang posisinya tak gampang ditemukan.

2. No advertising Tidak adanya banner ataupun iklan gambar yang mencolok. Facebook memiliki block atau fitur yaitu flayer untuk mengiklankan sesuatu tapi pengguna tidak akan menyangka itu adalah iklan.

3. Network Pada awal pembuatan akun kita disuruh memilih jaringan utama berdasar negara. Dengan fitur ini kita dengan mudah menemukan teman yang ada di Indonesia.

4. Grup Berbeda dengan Friendster yang mengharuskan kita membuat akun untuk komunitas atau sekolah, di Facebook kita bisa membuat grup di mana grup ini memiliki fitur yang sangat baik untuk membentuk komunitas online seperti diskusi, foto, wall atau testimonial, dan fitur lainnya.

5. Photo Album Kita bisa membuat foto album sehingga foto kita bisa dibuat kategori. Dan fantastisnya jumlah foto tak dibatasi alias unlimited.

6. Selling Facebook memiliki fitur yang memungkinkan kita menawarkan barang atau jasa ke pengguna lain. Berbeda dengan Friendster yang cuma menyediakan buletin.

7. Even Kita bisa mengisi even atau kegiatan yang kita ingin pengguna lain tahu. Misalnya ada party atau launching produk kita bisa mengisi even dan pengguna lain bisa melihatnya. Di Friendster lagi-lagi cuma bisa masuk di buletin.

8. Status update Kita bisa mengisi status kita sedang apa saja. Misalnya lagi di rumah, pergi kuliah, semua itu bisa di update dan bisa dilihat oleh pengguna lain. Jadi kita bisa tahu kegiatan sehari-hari teman kita.

9. Mobile access Fitur yang sangat mobile. Kita bisa update status, add friend, atau kegiatan di Facebook lainnya dengan mengirim SMS. Hampir sama dengan SMS Banking.

10. Mobile Browsing Bisa mengakses website Facebook langsung dari telepon seluler (ponsel). Dengan tampilan yang disesuaikan kondisi ponsel akses lebih mudah dan cepat dibanding mengakses website dengan tampilan desktop dari ponsel.

11. Anti Fake Akun dan Spam Facebook memiliki fitur yang mantap mencegah akun palsu dan spam. Untuk mendaftar dengan nama yang bisa dicurigai akun palsu kita harus mengirim request ke email untuk dibuatkan akun oleh technical support Facebook. Untuk tiap aksi posting, kita harus mengisi CAPTCHA untuk mencegah spam. Bila tidak ingin terus menggunakan CAPTCHA, kita bisa memverifikasi akun dengan mengirim konfirmasi ke ponsel kita dan kemudian mengisi form verifikasi sesuai kode yang dikirim ke akun kita.

12. Develop your Facebook Widget Kita bisa membangun aplikasi kemudian dipasang di profil kita menggunakan API dari Facebook platform. Bisa buat game, feed reader, dan aplikasi lainnya.

13. Bandwith yang dipakai tidak terlalu besar, sehingga surf di Facebook lebih cepat daripada di Friendster.

14. Tag Photo dengan fitur ini, maka saat foto bersama, sesama pengguna Facebook bisa tagging atau menandai orang lain yang ada dalam foto tersebut, dan akan terkirim ke Facebook orang yang di tag.

15. Banyak game bagus yang bisa langsung dimainkan di Facebook langsung.

Jadi Member di Facebook

Tahukah Anda bahwa jutaan orang sudah menjadi member dan aktif di FaceBook. Jejaring sosial ini telah jauh mengalahkan pendahulunya, Friendster dan MySpace.

Anda ingin bergabung tapi belum tahu caranya? Mudah sekali bergabung dengan Facebook, yang Anda butuhkan hanyalah: 1. Nama lengkap 2. Email 3. Password yang harus Anda hafalkan Untuk keamanan saya sarankan password minimal delapan karakter campuran huruf dan angka, tetapi harus cukup mudah untuk Anda hafal. Sebaiknya juga bukan tanggal lahir Anda.

4. Jenis kelamin 5. Tanggal lahir Buka alamat ini: http://www.facebook.com. Anda akan diminta mengisikan data-data yang disebutkan di atas. Mungkin tidak harus data yang sebenarnya juga tidak masalah, tetapi Anda akan rugi karena nantinya teman-teman Anda sulit mengenali Anda. Setelah Anda isi semua data tersebut, klik tombol sign up, Anda akan diminta untuk memasukkan dua kata yang ada pada gambar yang disediakan. Ini hanya untuk keamanan.

Berikutnya buka email yang Anda daftarkan sebagai email Anda. Di sana, Anda akan temukan email yang dikirim oleh Facebook dengan topik Facebook Registration Confirmation. Baca email tersebut, yang perlu Anda lakukan berikutnya adalah mengklik link yang ada di email tersebut (biasanya warna biru). Link tersebut akan mengantar Anda ke langkah pendaftaran berikutnya.

Langkah ini adalah Facebook akan mencarikan untuk Anda siapa saja yang mungkin adalah teman Anda dari address book yang ada di email Anda. Facebook hanya meminta password email Anda.

Ini dia masalahnya. Jika email ini tidak mengandung informasi rahasia Anda, maka langkah ini tidak masalah, tetapi jika ini adalah email kantor misalnya, tentunya ada beberapa hal yang tidak boleh di share.

Berikut solusinya: 1. Lewati saja langkah ini, kemudian Anda bisa mencari teman-teman Anda secara manual.

2. Masukkan password Anda dan biarkan Facebook mencarikan teman-teman Anda. Jika Facebook sudah selesai dan menemukan beberapa teman Anda, ganti password email Anda. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan pilihan ke dua dan mengklik tombolnya, Facebook akan memindahkan Anda ke halaman login email Anda. Anda login ke dalam email tersebut.

Sampai di sini, Anda bisa kembali ke Facebook dan melihat bahwa Facebook telah menemukan beberapa rekan Anda yang tersimpan di dalam address book dan juga terdaftar di Facebook.

Klik Select All Friend (karena Anda ingin menambahkan mereka semua menjadi teman di Facebook), lalu klik tombol Add as Friends.

Berikutnya Facebook juga akan menampilkan isi address book Anda yang belum terdaftar di Facebook. Facebook menawarkan apakah Anda akan mengundang mereka supaya bergabung juga ke dalam Facebook. Pilih beberapa rekan yang ingin Anda undang, kemudian klik tombol Invite to Join.

Berikutnya Anda akan diminta mengisikan informasi sekolah dan perusahaan Anda. Facebook mencoba mencarikan anggotanya yang mungkin pernah Anda kenal di sekolah dulu atau pernah kerja di perusahaan yang sama. Uniknya, jika Anda sempat sekolah di sekolah yang sudah dipopulerkan oleh orang lain, maka Facebook akan langsung menampilkannya.

Di langkah kedua ini, Facebook akan menampilkan foto-foto membernya yang pernah sekolah atau bekerja di tempat yang sama dengan Anda. Banyak sedikitnya bergantung pada seberapa banyak teman-teman Anda yang sudah tergabung dengan Facebook. Fitur inilah yang tidak Anda dapati di situs jejaring lain. Inilah kelebihan Facebook. Klik Add as Friends.

Langkah berikutnya adalah, temukan teman-teman se kota Anda. Nantinya Anda akan tergabung ke dalam jaringan kota Anda. Misalnya Surabaya (padahal penulis tinggal di Sidoarjo) supaya teman jadi lebih banyak. Klik Join. Selesai sudah pendaftaran Facebook.

About oerlee syafroe

aQ suka Maen Komputer, edit Foto, Maen Game,buat rancangan rumah dari AutoCAD, jalan2, makan, Smsan, facebookan Lihat semua pos milik oerlee syafroe

2 responses to “Cari Teman Anda di Facebook

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: